Sabtu, 22 Oktober 2011

Ini Ceritaku Apa Ceritamu??

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendirian, pasti suatu saat akan membutuhkan orang lain. kali ini kita akan mambahas seputar diri kita keluarga dan lingkungan sekitar kita??
Kita lahir dengan kondisi tidak tau apa-apa??tapi kita punya kelebihan yaitu dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar kita..1 tahun saat kita dilahirkan kita memulai adaptasi dengan merangkak,duduk,bicara sampai akhirnya ditahun-tahun berikutnya kita dapat berdiri dan berjalan sendiri, semua itu terjadi karena kita mengalami pertumbuhan dan beradaptasi dengan lingkungannya. umur 4 tahun kita mulai dapat berfikir secara baik. tahun ke 5-6 kita beradaptasi dilingkungan luar yaitu sekolah. adaptasi inilah yang mungkin sulit dari masa bermain menjadi masa belajar sampai akhirnya 6 tahun kita bersekolah kita harus beradaptasi lagi dengan yang namannya masa puber??


inilah masa-masa manusia dalam keadaan labil yang sering disebut ABG(anak Baru Gede). Dimasa inilah orang tua harus ekstra menjaga anaknya dalam segi pergaulan, pengetahuan, dan agama. Orang tua harus dapat beradaptasi dengan lingkungan anak agar orang tua dapat mengetahui dunia si anak.. sampai akhirnya tumbuh lah kita dimasa remaja. semakin berat beban kita dalam menjalani hidup. tanggung jawab bertambah, beban pikiran pun bertambah. menginjak masa remaja di SMA sangatlah beragam, ada yang malakukan hal-hal positif dalam hidupnya ada juga yang menghancurkan hidupnya dengan hal-hal yang kadang tidak ada gunannya??Itulah kehidupan remaja kalau kita tidak dapat membawa diri kita ke dalam kebaikan, lalu "siapa yang akan membuat hidup kita berguna kalau bukan diri kita sendiri."


Setelah masa-masa SMA masuk lah ke penentuan hidup manusia???Bekerja untuk memperbaiki ekonomi keluarga??atau kuliah untuk menambah pengetahuan luas kita???atau kah menikah??Disinilah kedewasaan kita di uji.  Untuk yang memilih bekerja?pekerjaan apa yang dapat kita kerjakan??mau jadi karyawan atau kah wirausahawan??Untuk yang kuliah mau kuliah apa??dimana target setelah kuliah apa???
Semua target tadi tidak akan berjalan kalau kita tidak melibatkan Individu kita>Keluarga kita>dan Masyarakat dilingkungan kita.. Manusia adalah makhluk sosial yang butuh bersosialisasi dengan lingkungannya untuk memperoleh kesuksesan.

0 komentar: