Kamis, 26 April 2012

Penderitaan Pak Raden

Penderitaan adalah sebuah pengungakapan perasaan manusia dari kata derita yang artinya merasakan kondisi yang sangat menyakitkan. Derita atau penderitaan dialami oleh semua manusia. Manusia dalam menjalankan kehidupannya tidak selamanya merasakan kondisi happy (gembira), selalu ada cobaan dan masalah yang membuat manusia merasa menderita. Penderitaan dalam hidup adalah suatu cobaan dari Tuhan, jika kita sanggup mewatinya berarti kita termasuk manusia yang berhasil dan dari suatu penderitaan akan timbul sebuah kebahagiaan yang tertunda. Jadi jangan pernah kalian takut akan penderitaan hidup.
Semua manusia dalam mencapai sebuah kemenangan dan keberhasilan selalu merasakan penderitaan meskipun konteksnya berbeda-beda. Cara memperoleh kemenangan manusia harus melewati proses perjuangan keras, sama seperti seorang gelandangan harus berjuang mencari uang dengan cara apapun untuk mendapatkan sebuah makanan. Begitupun kita, untuk memperoleh keberhasilan dimasa yang akan dating kita sebagai mahasiswa wajib menuntut ilmu, belajar, mengerjakan tugas untuk memperoleh bekal dalam menjalani kehidupan nantinya dimasa yang akan datang begitupun dalam dunia kerja.
Baru-baru ini ada kasus di media masa tentang masalah penderitaan dan perjuangan dari seorang seniman kita yang sering kita kenal dengan sebutan PAK RADEN.   

Sekarang sedang heboh diperbincangkan karena hak cipta film tersebut telah diambil oleh Perum Produksi Film Negara(PPFN). Beberapa relawan yang berisi anak muda  terketuk hatinya untuk membantu Pak Raden mendapatkan lagi hak cipta film Si Unyil. Dengan acara penggalangan dana yang akan mengundang beberapa media massa itu, Pak Raden akan mengamen sebagai rasa keinginannya untuk mendapatkan lagi hak cipta film Si Unyil.
Penggalangan dana itu juga dikhususkan untuk membantu Pak Raden yang selama ini kekurangan biaya untuk mengobati penyakit encok yang mendera lutut kanannya. Penyakitnya itu didera sekitar 5 tahun yang lalu. Bahkan untuk berjalan saja Pak Raden harus dibantu oleh tongkatnya. Selain kekurangan biaya untuk pengobatan ternyata Pak Raden juga mengalami kesulitan dalam membiayai kehidupannya yang sekarang dengan usianya yang telah menginjak 79 tahun.
Apa ini balasan sebuah karya Nusantara yang banyak memberikan pesan dan amanat terbaik?
Apa pantas seorang seniman hidup sulit diatas kemewahan-kemewahan para pejabat?
Penderitaan Pak Raden tidak hanya sampai disitu saja, dia harus menyambung hidupnya dengan menjadi tamu dalam suatu acara anak-anak untuk mendongeng, menyanyi dan menggambar sesuai dengan keahlian yang dimilikinya. Tapi dengan sakit yang dideranya selama 5 tahun belakangan ini Pak Raden tidak bisa aktif lagi dalam dunia luar. Namun kesusahannya itu tidak menjadikan semangatnya putus begitu saja, dia menjadikan tempat tinggalnya sebagai panggung karena setiap orang yang lewat rumahnya boleh mampir dan menonton keahliannya dalam menyanyi,menggambar dan mendongeng. Pak Raden rela seperti itu demi mencari sesuap nasi.
Mudah sekali para petinggi melupakan jasa seorang seniman dan mengangapnya sebelah mata. Padahal PPFN pernah menjanjikan akan menyerahkan hak cipta Si Unyil kepada Pak Raden namun apa mau dikata janji hanyalah janji. Semua itu tidak terwujudkan.
Pak Raden tidak mendapatkan apa-apa dari hasil karyanya yang fenomenal itu. Malah dia mengalami berbagai penderitaan dan kesulitan yang mendera kehidupannya itu. Tapi Pak Raden tetap terus akan berjuang meraih hak cipta itu sampai akhir hayatnya.
Melihat kesulitan Pak Raden sebenarnya itu adalah sebuah tamparan keras untuk para petinggi negara yang bersikap acuh terhadap kesulitan rakyatnya sendiri apalagi Pak Raden itu bukan hanya rakyat biasa tapi seorang seniman yang memiliki karya terbaik dalam dunia perfilman anak-anak.
Hargailah hasil karya setiap orang jangan pernah menganggap sebelah mata ataupun meremahkan hasil karya dan jasa orang lain. Lindungilah hak cipta dari sebuah karya itu seberapa kecil ataupun seberapa besar karya itu.

0 komentar: