Jumat, 20 April 2012

Fakta Tentang Ideologi Pancasila Saat Ini


Jika kalian ditanya Apakah Pancasila masih digunakan sebagai dasar Negara? Jawabannya iya.
Tetapi jika kalian ditanya Apakah ideologi Pancasila masih diterapkan di Negara ini? jawabannya tidak.

Lahirnya Pancasila sebagai ideologi bangsa adalah pilihan terbaik karena kandungan dasarnya yang berawal dari kitab Negarakertagama yang mengandung arti luas bagi bangsa ini yaitu ”walaupun berbeda tetapi tetap satu jua”. Tetapi saat ini nilai-nilai luhur itu sudah luntur dikarenakan individu Indonesia yang semakin meninggalkan ideologi bangsasnya. Pancasila terbentuk dari 5 sila yang mempunya arti, sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa disini jelas bahwa bangsa Indonesia menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan, setiap warga Negara Indonesia harus memeluk agama yang diyakininya dengan sebaik-baiknya. Tetapi saat ini rakyat Indonesia banyak yang tidak peduli dengan keyakinannya, narkoba, seks bebas apakah itu mencerminkan Pancasila sila pertama? Semua agama mengutuk keras umatnya menggunakan narkoba dan melakukan seks bebas, tetapi inilah yang terjadi di Indonesia saat ini.
Sila kedua Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab disini dijelaskan bahwa rakyat Indonesia mempunyai rasa kemanusiaan yang tinggi rasa keadilan dan beradab. Tetapi saat ini banyak sikap-sikap masyarakat kita yang keluar dari nilai-nilai pada sila kedua. Tawuran antar suku, antar desa, dimana rasa kemanusiaan rakyat Indonesia saat ini? main hakim sendiri, dimna rasa keadilan kita dan bagaimana kinerja penegak hukum kita, apakah sudah bersikap arif dan adil? Banyak kasus-kasus kriminal yang tidak dituntaskan dikarenakan hukum dan penegak hukumnya dapat dibeli, inikah ideologi Pancasila?
Sila ketiga Persatuan Indonesia. Pancasila mengajarkan kita warga negaranya untuk mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa, tetapi apa kenyataannya? Perbedaan suku sekarang menjadi masalah yang sangat rumit, perbedaan agama menjadi permasalahan saling serang dan saling caci, apa ini yang dinamakan ideologi bangsa sila ke 3? Pemimpin dinegara ini semuanya sibuk untuk saling sikut dan menjatuhkan satu sama lain untuk memperoleh kedudukan, bukan bergerak untuk memajukan bangsa dan Negara. Mau dibawa kemana Indonesia saat ini oleh pemimpin kita?
Sila kempat Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan. Pada sila keempat Pancasila mengajarkan kita untuk selalu bermusyawarah dalam menyelesaikan suatu permasalah, semuanya bersifat transaparan tidak ada yang ditutup-tutupi. Tapi saat ini banyak kasus korupsi yang sengaja ditutup oleh penegak hukum, karena itulah  banyak mahasiswa, buruh, rakyat kecil turun ke jalan untuk menyampaikan aspirasinya dengan tujuan ada jalan keluar dari masalah yang menyekek rakyat. Tetapi demonstrasi tidak pernah berujung musyawarah antar 2 pihak melainkan kisruh antar 2 pihak.
Sila kelima Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Pada sila ini dijelaskan bahwa keadilan adalah milik seluruh rakyat Indonesia. Semua rakyat memiliki keadilan yang sama, jika salah katakana salah dan jika benar katakana benar. Tetapi kondisi sekarang telah berubah, katakana salah bagi yang tidak memiliki uang dan selamatkan yang salah dari jerat hokum karena dia memiliki uang. Ini adalah masalah terbesar bangsa, hal seperti ini sudah mendarah daging di Indonesia. Tidak jelas kapan semua ini terjadi, semuanya mengalir begitu saja sampai dengan saat ini yaitu puncak dari ketidakjelasan ideologi bangsa ini. apakah Pancasila masih menjadi akar dari bangsa ini? ataukah hanya menjadi sejarah? Semua ada ditangan rakyat, pemuda. Mulai dari diri kita sendiri, keluarga, lingkungan dan organisasi, jadikan Pancasila sebagai akar kekuatan diri sendiri, keluarga, lingkungan dan organisasi. 

0 komentar:

Fish