Jumat, 20 April 2012

Manusia dan Keindahan


Keindahan adalah kekuatan, ketulusan hati adalah pemurninya, senyum adalah jalannya, nasehat adalah kekayaannya, persahabatan adalah dunianya, dan cinta adalah alamnya. Tuhan menghubungkan diri-Nya dengan setiap jiwa, melalui sentuhan yang menggetarkan hati. Maka jika jiwamu bergetar karena sebuah keindahan, baik itu dari kalimat atau keadaan, sujudkanlah hatimu, karena sesungguhnya engkau sedang berada dalam kehadiran Tuhan yang sedang menyentuh dan menuntun hatimu menuju pengertian yang membebaskanmu dari keraguan dan ketakutanmu. Engkau terhubung sangat dekat dengan Tuhanmu. Semua yang kau minta telah didengar dan diangguki-Nya, sekarang tinggal engkau yang memantaskan diri bagi jawaban indah dari-Nya. _Mario Teguh_


            Keindahan sebagai suatu kualitas yang abstrak merupakan keindahan yang tidak dapat diukur nilai keindahannya karena keindahan yang bersifat abstrak juga bersifat relative yakni apabila kita melihat sesuatu yang indah itu belum tentu indah untuk orang lain. Contohnya lukisan yang beralirkan sifat abstrak tidak semua orang mengerti akan keindahan lukisan tersebut hanya segelintir orang saja yang mengerti dari keindahan lukisan tersebut berdasarkan intuisinya dan jiwa seni dari masing-masing orang tersebut. Keindahan sebagai sebuah benda tertentu yang indah merupakan keindahan yang bersifat pasti dan dapat dengan mudah diterima oleh pandangan dari masyarakat dan mempunyai nilai yang berbanding terbalik dengan keindahan bersifat abstrak, contohnya pemandangan yang indah di pedesaan dan itu sudah pasti keindahannya dan apabila ada yang menganggap itu tidak indah maka orang tersebut tidak memiliki jiwa seni dan tidak mengerti akan arti dari keindahan.
Keindahan itu sangat luas bahasannya, sesuatu yang awalnya buruk, menyakitkan pasti di akhir oleh keindahan. Semua yang ada di dunia ini adalah ciptaan Tuhan, apapun itu dan semua ciptaan Tuhan yang sempurna atau pun tidak sempurna pasti akan membawa keindahan. Laut diciptakan oleh Tuhan dengan penuh keindahan dan pesonannya. Laut yang didalamnya terdapat kehidupan yang sangat indah jutaan ikan sebagai penghuni abadi lautan, tumbu karang yang ada sebagai sahabat ikan-ikan semuanya terasa indah untuk dipandang, dirasakan dan dinikamati.
Pengertian ekstrinsik adalah sifat baik dari suatu benda sebagai alat atau sarana untuk sesuatu hal lainnya , yakni nilai yang bersifat sebagai alat atau membantu. Pengertian intrinsik adalah sifat baik dari benda yang bersangkutan, atau sebagai suatu tujuan, ataupun demi kepentingan benda itu sendiri. Dengan kata lain keindahan secara ekstrinsik hanya dilihat dari kacamata seseorang dari luarnya tanpa harus memikirkan apa maknanya, tetapi keindahan yang dilihat secara instrinsik berarti kita sebagai penikmatnya mengerti dengan apa yang terkandung dari keindahan tersebut.
Renungan adalah suatu cara manusia dalam mengimplementasikan dirinya dalam suatu ketenangan jiwa. Merenung adalah cara terbaik untuk meditasi, menyadari segala kesalahan untuk belajar menjadi individu yang lebih baik dimata Tuhan, manusia dan makhluk ciptaan Tuhan lainnya. Bisa dikatakan melalui kekuatan sugesti yang positif manusia bisa menjadi individu yang lebih baik.
Kehidupan serasi, selaras, dan seimbang akan tumbuh dan berkembang dengan baik apabila antara kita bersikap dan berprilaku sesuai dengan kodrat, harkat, dan martabat manusia sebagai ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Keserasian merupakan kondisi yang menggambarkan terpadunya unsure-unsur yang terlibat dalam kehidupan bersama. Seperti kita ketahui, alam semesta terdiri atas makhluk hidup dan makhluk tak hidup. Keserasian merupakan gambaran suasana yang tertib, teratur, aman, damai, dan tentram lahir batin. Baik dalam kehidupan secara individu, keluarga, masyarakat, maupun berbangsa dan bernegara. Keserasian terwujud apabila masing-masing individu dan lembaga-lembaga masyarakat menyadari serta melaksanakan tugas, fungsi, hak, dan kewajibannya dengan penuh tanggung jawab. Baik serasi dalam beragama, berkebudayaan dan sebagainya.

  

0 komentar: