Kamis, 10 November 2011

Hukum Yang Lucu di Negeri Ini??


Singkat cerita waktu itu saya belanja di daerah Pasar Senen dengan pacar saya. Karena saya ingin ke ITC Cempaka Mas saya pun pulang lewat jalan Letjend Suprapto arah Senen-Pulogadung. Tepat melewati flyover di jalan Letjend Suprapto perjalanan saya ditahan oleh polentas, dengan santainya saya bertanya apa salah saya?
Polisi    :”selamat siang pak, bisa diperlihatkan STNK dan SIM nya?’’
Saya     : “iya, tapi maaf pak salah saya apa?”
Polisi    : “ini jalur cepat pak motor dilarang lewat jalur ini?”
Saya     : ‘’maaf pak saya baru pertama lewat sini, lagipula gak ada rambu-rambu kalo jalur ini jalur cepat”   
Polisi    : ‘’kalo begitu saya tilang ya?”
Saya     : “ wah jangan pak, pengertian aja pak saya orang bekasi baru pertama kali lewat jalan sini”
Polisi    :”gak bisa mas tetep saya tilang.”
Saya     :”terus gimana dong pak?”
Polisi    : ‘’nanti di urus di harmoni ya dendanya Rp. 500.000 atau 2 bulan kurungan.
             Atau mau nitip sama saya?”
Saya     : ‘’nitip gmna pak?”
Polisi    :’’bayar disini?”
Saya     :’’berapa pak?”
Polisi    : ‘’ saya segitu?”
Saya     : “ aduh pak saya gak ada duit??????”
Dalam kebingungan saya tibatiba polisi itu berkata??
Polisi    : ‘’yaudah adanya berapa??”
Dalah hati saya tertawa??karena saya ga mau jadi orang bodoh dan saya kasian sama polisinya yaudah saya kasih aja Rp. 20.000 dan polisi itu menerimannya????
            Murah sekali harga diri polantas di Negara ini hanya dengan 20.000 dapat membebaskan orang yang salah???bagaimana hukum ini bisa berjalan dengan baik kalau penegak hukumnya saja memainkan hukum.


 pasal 287 ayat 1, Undang Undang No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Dalam pasal tersebut diuraikan setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang melanggar aturan perintah atau larangan yang dinyatakan dengan rambu lalu lintas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (4) huruf a atau marka jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (4) huruf b dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu.
Dari 500 ribu bisa berubah jadi 20 ribu???apa gak dibilang Lucu HUKUM di Negeri ini??? 

0 komentar: