Rabu, 20 Mei 2015

TEKNIK WAWANCARA DAN LAMARAN KERJA

Wawancara kerja adalah salah satu bagian penting dari sebuah poses perekrutan kerja. Pada tahapan ini, kepribadian akan dinilai maka untuk itu ada baiknya jika melakukan beberapa persiapan sebelum menghadiri sebuah tes wawancara. Cara melamar kerja dan persiapan tes wawancara pekerjaan berikut perlu dipersiapkan dengan baik. untuk memperbesar peluang untuk mendapat pekerjaan. Berikut beberapa cara teknik melamar kerja dan interview kerja yang baik, yaitu:
A.      Cara Melamar Kerja dan Persiapan Tes Wawancara Pekerjaan
1.       Langkah pertama yang harus dilakukan dalam melamar kerja adalahmencari sumber informasi lowongan seperti media cetak (koran, majalah, dsb) internet, career center, network, dan agency(outsourching).
2.       Langkah kedua, memilih lowongan kerja. Dalam memilih lowongan kerja yang sesuai dengan kemampuan dan pendidikan yang dijalani. Berikut adalah hal yang harus diperhatikan dalam memilih lowongan kerja, seperti:
a.       Mencari informasi mengenai posisi yang akan dipilih.
b.      Mencari informasi mengenai perusahaan pemberi kerja.
c.       Sebaiknya tidak memaksakan diri untuk suatu jabatan.
d.      Kesesuaian antara keadaaan diri dengan persyaratan jabatan.
3.       Langkah ketiga, membuat surat lamaran. Dalam membuat lamaran kerja perlu diperhatikan dalam pembuatan surat lamaran, seperti:
- Kertas berwarna netral dengan ukuran A4 ataupun kertas Folio Bergaris.
-Jenis dan ukuran huruf standar.
- Surat lamaran dan daftar riwayat hidup diketik rapi, ringkas dan jelas  dengan mencantumkan posisi yang dituju, tanggal, tanda tangan, alamat, tempat tinggal, nomor telepon yang dapat dihubungi dan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti.
4.       Langkah keempat, pengiriman dokumen lamaran. Ada 3 cara dalam pengiriman dokumen tersebut, seperti:
a.       Melalui pos (alamat penerima dan pengirim harus jelas).
b.      Melalui email (rutin membaca email dan pertimbangkan besar file).
c.       Datang langsung ke perusahaan (walk in interview).
Mungkin banyak kalian yang sudah pernah mengalami interview (wawancara) di berbagai perusahaan. Tetapi ada beberapa yang harus diperhatikan ketika kita akan melakukan interview (wawancara), yaitu:
B.      Cara Melamar Kerja dan Persiapan Tes Wawancara Pekerjaan Dari Segi Lain
1.       Penampilan
Ketika ingin melakukan wawancara (interview) penampilan sangatlah penting karena penampilan adalah hal yang pertama dilihat oleh interviewer. Pertama memakai pakaian rapih (formal dan nyaman), menggunakan sepatu tertutup, datang dengan bersih, wangi, tidak bau mulut dan merapihkan kuku.
a.       Penampilan untuk Pria
·         Menggunakan kemeja lengan panjang dengan warna soft dan celana panjang warna gelap.
·         Mencocokan dasi dengan kemeja yang akan dipakai.
·         Menggunakan sepatu pantofel dengan kaos kaki warna hitam (gelap).
b.      Penampilan untuk Wanita
·         Menggunakan kemeja warna soft dan memakai blazer dengan warna hitam (gelap).
·         Menghindari menggunakan warna yang mencolok.
·         Memakai riasan tetapi jangan berlebihan seperti bedak,lipstick, blush-on, eyeliner.
·         Menata rambut yang rapih.
·         Menggunakan sepatu pantofel dengan tinggi 5 cm.
2.       Bahasa Tubuh
Saat memasuki ruangan berjalan dengan tubuh tegap, gaya yang anggun dan kedua tangan mengibas dengan bebas. Menyodorkan tangan (sambil tersenyum) terlebih dahulu pada saat menawarkan. Menyapa interviewer dengan Bapak atau Ibu dan jangan duduk sebelum dipersilahkan.
3.       Sikap berdiri dan duduk
a.       Sikap Berdiri, yaitu:
- Badan tegap & tidak bungkuk.
- Sikap siaga kedua tangan disamping dan pandangan ke depan (kontak mata).
- Tidak ada gerakan tangan tambahan (menggaruk).
b.      Sikap Duduk, yaitu:
- Badan tetap tegap saat duduk.
- Posisi tidak menyender di bangku belakang.
- Tangan dibawah jangan diatas meja.
c.       Pandangan mata ke depan (kontak mata).
d.      Berbicara yang rileks dengan intonasi suara yang tepat sesuai situasi.
Sumber :
(http://tips-cara.info/melamar-kerja-persiapan-tes-wawancara-pekerjaan/)
(http://tips-wawancarakerja.blogspot.com/)

0 komentar: