Selasa, 19 Juni 2012

JURNAL 1



Teknologi Informasi di Bidang Jasa

Oleh : Tri Nurdianto

Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Gunadarma, Jl. KH. Noer Ali, Kalimalang, Bekasi, Indonesia


Abstrak

Perkembangan Teknologi Informasi saat ini sangat berkembang diseluruh bidang usaha. Tanpa adanya teknologi perkembangan usaha pada suatu Negara akan berjalan lambat dan sulit untuk berkembangan. Informasi yang didapat juga tidak maksimal dan terkesan lambat. Oleh karena itu dibutuhkannya Teknologi Informasi dalam segala bidang usaha termasuk bidang usaha jasa, yang dimana perusahaan membutuhkan teknologi informasi untuk mengolah suatu data misalkan pelayanan telekomunikasi masal seperti operator seluler yang membutuhkan Teknologi Informasi untuk mendata pelanggannya dengan sistem komputerisasi secara masal dan dapat dikendalikan oleh server.
Kata Kunci : Teknologi Informasi, Jasa


Abstrak

Development of Information Technology today is evolving throughout the business. Without the technology business development in a country will be slow and difficult to advanced. The information obtained is also not optimal and slow impressed. Hence the need for Information Technology in all areas of business including field services business, which is where the company needs information technology to process a mass of data eg telecommunications services such as mobile operators who need information technology to assess its customers with a computerized system en masse and can be controlled by the server.
Keywords: Information Technology, Services




Download : http://www.4shared.com/office/dKwzmuHS/Teknologi_Informasi_di_Bidang_.html
  

  1. Pendahuluan
Saat ini teknologi informasi sangat dibutuhkan dalam kehidupan masyarakat, terutama dalam bisnis. Informasi dianggap mahal saat ini dan semakin berkembangnya teknologi maka kebutuhan manusia dalam memperoleh informasi yang akurat pun menjadi sulit dikarenakan biaya operasional yang harus dikeluarkan oleh suatu perusahaan. Suatu perusahaan yang bergerak pada bidang jasa sangat membutuhkan teknologi informasi untuk mengolah data agar data yang didapat akurat. Seperti perusahaan jasa dibidang telekomunikasi, mereka menyiapkan suatu sistem teknologi yang mereka kembangkan menjadi suatu informasi yang dapat dinikmati oleh masyarakat dan dapat diawasi oleh perusahaan tersebut, misalkan terdapat kejahatan melalui jaringan komunikasi pada telepon, maka server yang menjadi pusat informasi dapat melacak pelaku dengan mengetahui posisi dimana pelaku berada dengan informasi yang didapat dari berkembangnya teknologi informasi tersebut.

  1. Perkembangan Teknologi Informasi
Saat ini komputer bukan lagi merupakan barang mewah, alat ini sudah digunakan di berbagai bidang pekerjaan seperti halnya pada bidang pendidikan. Pada awalnya komputer dimanfaatkan di sekolah sebagai penunjang kelancaran pekerjaan bidang administrasi dengan memanfaatkan software Microsoft word, excel dan access. Dengan masuknya materi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kurikulum baru, maka peranan komputer sebagai salah satu komponen utama dalam TIK mempunyai posisi yang sangat penting sebagai salah satu media pembelajaran.
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi, meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Teknologi Komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Karena itu, Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media.

  1. Penerapan Teknologi Informasi pada Bidang Jasa
PT Jasa Raharja, satu di antara BUMN, mulai menggalakkan aplikasi data berbasis teknologi informasi yang menjadi satu kesatuan dalam meningkatkan sekaligus menguji kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Menguasai bidang informasi dan teknologi (IT) tidak saja dapat menjadi ukuran peningkatan kualitas kerja tetapi juga menjadi bagian dari evaluasi internal dalam bentuk pengawasan link online  atau yang lebih dikenal dengan istilah Advanced Human Resources Management System (ARMES).
ARMES adalah aplikasi Manajemen Sumber Daya Manusia yang telah dilengkapi banyak fasilitas dalam menunjang operasi pengelolaan seluruh fungsi SDM berbasis kompetensi di Jasa Raharja. Tidak itu saja, rekam jejak kayawan dan karyawati Jasa Raharja juga akan tercakup ke dalam ARMES ini.
Dengan adanya kepentingan tersebut, belum lama ini pihak Jasa raharja cabang Nusa Tenggara Barat (NTB) telah menggelar sosialisasi dan pelatihan program ARMES. Kegiatan ini digelar sebagai upaya untuk terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia, terutama dibidang informasi dan teknologi sekaligus pengolahan data secara tepat, cepat dan akurat.Untuk penerapan IT lainnya di Jasa Raharja, belum lama ini juga digelar acara Retreat Teknologi Informasi. Acara yang dihadiri oleh Diding S. Anwar, Direktur Utama Jasa Raharja ini digelar di Kantor Pusat Jasa Raharja.Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk membahas sejumlah kebutuhan dan masalah seputar penerapan teknologi informasi yang mungkin atau dapat terjadi di unit-unit bersangkutan.
Kegiatan ini diikuti oleh 54 orang dan yang tidak kalah menarik, kegiatan Retreat Teknologi Informasi ini menghadirkan narasumber atau konsultan IT untuk  memberikan paparan terkait dengan isu yang tengah hangat dalam bidang tek­nologi informasi dalam lingkup nasional maupun global.Eksistensi Jasa Raharja hingga saat ini dibangun dengan integritas yang tinggi dari segenap insan Jasa Raharja.
Salah satunya, dengan pemanfaatan teknologi informasi. Hal ini terungkap dari arahan yang diberikan oleh Direktur Utama Jasa Raharja Diding S. Anwar. ”IT Jasa Raharja sangat lambat per­kembangannya, sedangkan tuntutan aktivitas perusahaan meng­haruskan pendayagunaan teknologi informasi di segala lini dan juga adanya sumber daya manusia yang kompeten di bidang IT," kata Diding S. Anwar. Diharapkan adanya penyelenggaraan kegiatan seperti ini, dapat memajukan pendayagunaan teknologi informasi di lingkup PT Jasa Raharja guna memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh masyarakat.

  1. Kesimpulan
Teknologi Informasi sangat dibutuhkan dalam kehidupan masyarakat, terutama dalam bisnis. Informasi dianggap mahal saat ini dan semakin berkembangnya teknologi maka kebutuhan manusia dalam memperoleh informasi yang akurat pun menjadi sulit dikarenakan biaya operasional yang harus dikeluarkan oleh suatu perusahaan. Perusahaan sangat membutuhkan teknologi informasi untuk mengolah suatu data misalkan pelayanan telekomunikasi masal seperti operator seluler yang membutuhkan Teknologi Informasi untuk mendata pelanggannya dengan sistem komputerisasi secara masal dan dapat dikendalikan oleh server.

  1. Daftar Pustaka
http://chip.co.id/news/read/2011/08/05/1045424/Penerapan.Teknologi.Informasi.di.Jasa.Raharja.#
http://makalahkumakalahmu.net/2009/03/18/pemanfaatan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-sebagai-media-pembelajaran/


0 komentar: